Senin, 18 Juni 2012

RESUME KONSEP MARKETING


            Sebagai wiausaha diperlukan strategi dalam memasarkan produknya. Proses pemasaran produk ini biasanya disebut dengan marketing. Ada beberapa konsep marketing, diantaranya adalah :
·         pertegas keberadaan, hal ini dilakukan agar orang tahu keberadaan produk yang dijual. Setelah orang tahu keberadaan produk tersebut dijual, akan timbul keinginan untuk membelinya. Untuk mencari/menarik simpati dari pembeli, dapat dilakukan kiat-kiat seperti berikut :
a.    Rangkul beberapa kalangan untuk menjadi Brand Ambassador. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan tokoh masyarakat ataupun orang-orang di sekitar yang sekiranya memiliki prestasi cukup bagus sebagai duta produk. Misalnya saja dengan menggandeng para atlet lokal, para pelajar yang memenangkan olimpiade sains tingkat dunia, dan lain sebagainya.
b.    Menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan
c.    Merealisasikan ide pemasaran unik bisa melalui situs pertemanan (jejaring sosial). yang bisa dijangkau seluruh konsumen dengan menggunakan jaringan internet. Misalnya ada seorang yang melakukan bisnis Steak Hotel Holycow, ia memanfaatkan twitter untuk mempromosikan restorannya. Caranya yaitu dengan memberikan satu porsi tiramisu gratis pada setiap pelanggan yang mention @holycowsteak dalam tweetnya. Strategi tersebut cukuplah sukses, sehingga wajar adanya bila setiap hari para konsumen rela mengantri untuk menikmati seporsi steak hotel ala Holycow dan mendapatkan tiramisu gratis.
d.    Ciptakan sesuatu yang berbeda
e.    Libatkan peran aktif para konsumen. Kiat ini pernah dilakukan oleh sebuah produk, yaitu produk kosmetik Pond’s melalui program promosinya Pond’s Make it Happen, sang produsen ingin membangun loyalitas konsumen dengan mengajak mereka untuk bisa mewujudkan mimpi atau cita-citanya bersama produk Pond’s.
f.     Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen. Ketika memasarkan produk ataupun jasa, yang terpenting adalah pahami kebutuhan konsumen dan jadilah solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Strategi seperti ini bisa dilihat dari iklan produk Unilever “Pure it” (pemurni air) untuk keluarga yang menggunakan teknologi canggih, sehingga bisa menghasilkan air minum yang aman dikonsumsi tanpa perlu membutuhkan bahan bakar gas maupun listrik.
·         Setelah kiat-kiat yang disebutkan di atas dilakukan, bisa dipastikan orang akan membeli produk tersebut. Bila produk yang dihasilkan sudah sesuai dengan selera konsumen, maka bisa dipastikan pula banyak orang akan menjadi pelanggan produk itu. Kemudian orang tersebut dengan sendirinya akan mempromosikan produk itu kepada orang lain.
Dalam berwirausaha juga diperlukan target untuk memperoleh hasil yang maksimal. Untuk menentukan target yang akan diperoleh, maka harus diketahui volume penjualan per hari, bila volume penjualan per hari telah meningkat maka dapat diketahui volume penjualan per bulan, dengan begitu dapat ditentukan berapa volume yang akan dicapai. Untuk mencapai target yang diinginkan, wirausahawan juga harus mengetahui peluang dan kendala yang akan dihadapi. Sehingga dapat ditentukan tindakan yang dapat dilakukan untuk menghadapi hal tersebut.

Ada tiga proses pemasaran :
o   Pre-opening campaign. Dapat dilakukan dalam 2 minggu sebelum launching. Kegiatan dalam pre-opening campaign ini berupa memperrsiapkan pasar dan mengkomunikasikan produk dan layanan, sehingga pasar mengetahui produk yang akan launch, dan keunggulan-keunggulan dari produk serta pasar dapat mengetahui waktu dan tempat dimana produk dapat diperoleh. Proses ini dapat dilakukan dengan cara memasang iklan di tempat-tempat umum.
o   Launching. Dilakuakan dengan cara menginformasikan kepada kepastian dibukanya layanan dan produk untuk umum. Tujuannya adalah mendatangkan orang banyak untuk merasakan manfaat dari produk yang dihasilkan. Proses ini dapat dilakukan dengan cara memasang iklan pada tempat-tempat umum.
o   On-going marketing program. Proses ini dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membangun relasi dengan pelanggan.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.marketing.co.id/2012/06/08/strategi-marketing-untuk mendapatkan-banyak-pelanggan/. 2012. “Strategi Marketing Untuk Mendapatkan Banyak Pelanggan”, dalam marketing. Diunduh sabtu, 16 Juni 2012.

0 komentar:

Posting Komentar