Sebagai
wiausaha diperlukan strategi dalam memasarkan produknya. Proses pemasaran
produk ini biasanya disebut dengan marketing. Ada beberapa konsep marketing,
diantaranya adalah :
·
pertegas keberadaan, hal ini dilakukan agar
orang tahu keberadaan produk yang dijual. Setelah orang tahu keberadaan produk
tersebut dijual, akan timbul keinginan untuk membelinya. Untuk mencari/menarik
simpati dari pembeli, dapat dilakukan kiat-kiat seperti berikut :
a. Rangkul
beberapa kalangan untuk menjadi Brand Ambassador. Hal ini dapat dilakukan
dengan cara memanfaatkan tokoh masyarakat ataupun orang-orang di sekitar yang
sekiranya memiliki prestasi cukup bagus sebagai duta produk. Misalnya saja
dengan menggandeng para atlet lokal, para pelajar yang memenangkan olimpiade
sains tingkat dunia, dan lain sebagainya.
b. Menawarkan
pemasaran kreatif melalui situs pertemanan
c. Merealisasikan
ide pemasaran unik bisa melalui situs pertemanan (jejaring sosial). yang bisa
dijangkau seluruh konsumen dengan menggunakan jaringan internet. Misalnya ada
seorang yang melakukan bisnis Steak Hotel Holycow, ia memanfaatkan twitter
untuk mempromosikan restorannya. Caranya yaitu dengan memberikan satu porsi
tiramisu gratis pada setiap pelanggan yang mention @holycowsteak dalam tweetnya.
Strategi tersebut cukuplah sukses, sehingga wajar adanya bila setiap hari para
konsumen rela mengantri untuk menikmati seporsi steak hotel ala Holycow dan
mendapatkan tiramisu gratis.
d. Ciptakan
sesuatu yang berbeda
e. Libatkan
peran aktif para konsumen. Kiat ini pernah dilakukan oleh sebuah produk, yaitu
produk kosmetik Pond’s melalui program promosinya Pond’s Make it Happen, sang
produsen ingin membangun loyalitas konsumen dengan mengajak mereka untuk bisa
mewujudkan mimpi atau cita-citanya bersama produk Pond’s.
f. Jadilah
solusi bagi permasalahan konsumen. Ketika memasarkan produk ataupun jasa, yang
terpenting adalah pahami kebutuhan konsumen dan jadilah solusi bagi
permasalahan yang mereka hadapi. Strategi seperti ini bisa dilihat dari iklan
produk Unilever “Pure it” (pemurni air) untuk keluarga yang menggunakan
teknologi canggih, sehingga bisa menghasilkan air minum yang aman dikonsumsi
tanpa perlu membutuhkan bahan bakar gas maupun listrik.
·
Setelah kiat-kiat yang disebutkan di atas
dilakukan, bisa dipastikan orang akan membeli produk tersebut. Bila produk yang
dihasilkan sudah sesuai dengan selera konsumen, maka bisa dipastikan pula
banyak orang akan menjadi pelanggan produk itu. Kemudian orang tersebut dengan
sendirinya akan mempromosikan produk itu kepada orang lain.
Dalam
berwirausaha juga diperlukan target untuk memperoleh hasil yang maksimal. Untuk
menentukan target yang akan diperoleh, maka harus diketahui volume penjualan
per hari, bila volume penjualan per hari telah meningkat maka dapat diketahui volume
penjualan per bulan, dengan begitu dapat ditentukan berapa volume yang akan
dicapai. Untuk mencapai target yang diinginkan, wirausahawan juga harus
mengetahui peluang dan kendala yang akan dihadapi. Sehingga dapat ditentukan
tindakan yang dapat dilakukan untuk menghadapi hal tersebut.
Ada
tiga proses pemasaran :
o
Pre-opening campaign. Dapat dilakukan dalam 2
minggu sebelum launching. Kegiatan dalam pre-opening campaign ini berupa
memperrsiapkan pasar dan mengkomunikasikan produk dan layanan, sehingga pasar
mengetahui produk yang akan launch, dan keunggulan-keunggulan dari produk serta
pasar dapat mengetahui waktu dan tempat dimana produk dapat diperoleh. Proses
ini dapat dilakukan dengan cara memasang iklan di tempat-tempat umum.
o
Launching. Dilakuakan dengan cara
menginformasikan kepada kepastian dibukanya layanan dan produk untuk umum.
Tujuannya adalah mendatangkan orang banyak untuk merasakan manfaat dari produk
yang dihasilkan. Proses ini dapat dilakukan dengan cara memasang iklan pada
tempat-tempat umum.
o
On-going marketing program. Proses ini
dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan
cara membangun relasi dengan pelanggan.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.marketing.co.id/2012/06/08/strategi-marketing-untuk
mendapatkan-banyak-pelanggan/. 2012. “Strategi Marketing
Untuk Mendapatkan Banyak Pelanggan”, dalam marketing.
Diunduh sabtu, 16 Juni 2012.
0 komentar:
Posting Komentar